Fransiscus Tegar Reynaldi krisdianto, MBU 2024 (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERSONEL AVIATION SECURITY(AVSEC) TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SENTANI JAYAPURA - MBU 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN JAYAPURA.
Full text not available from this repository.Abstrak
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERSONEL AVIATION SECURITY
(AVSEC) TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA
INTERNASIONAL SENTANI JAYAPURA
Oleh:
Fransiscus Tegar Reynaldi krisdianto
NIT. 64242130003
Dalam jasa pelayanan, kualitas pelayanan yang diberikan oleh unit kerja
sering digunakan sebagai ukuran utama dalam menghasilkan kepuasan
penumpang di bandara. Di Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, Personel
Aviation Security (AVSEC) merupakan bagian penting yang langsung melayani
penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh kualitas layanan dari
petugas AVSEC mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara
Internasional Sentani Jayapura.
Metode kuantitatif dengan pendekatan statistik inferensial diterapkan dalam
penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji untuk
keabsahannya melalui validitas dan reliabilitas. Jumlah sampel ditentukan
berdasarkan teknik Lemeshow, dengan 400 penumpang sebagai responden. Untuk
menganalisis data dan menjawab pertanyaan penelitian, analisis regresi linier
sederhana dilakukan menggunakan SPSS dari Internasional Sentani Jayapura..
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan dari unit Aviation Security
(AVSEC) memengaruhi tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara
Internasional Sentani Jayapura. Hal ini dikonfirmasi melalui uji hipotesis yang
memperlihatkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari α (0,05), dan nilai T
hitung sebesar 13,899 yang melebihi T tabel 1,96. Selain itu, kualitas pelayanan
petugas AVSEC berkontribusi sebesar 57,2% terhadap kepuasan penumpang,
sebagaimana diindikasikan oleh nilai R Square 0,572.
Penelitian ini mengidentifikasi bahwa kualitas pelayanan personel Aviation
Security (AVSEC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
penumpang di Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, dengan pengaruh
sebesar 57,2%. Selain itu, sistem evaluasi dan feedback yang rutin perlu diadopsi
untuk memantau kinerja personel, termasuk survei kepuasan penumpang dan
observasi langsung. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kualitas pelayanan
AVSEC dapat terus
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Aviation Security, Kepuasan Penumpang, Metode Kuantitatif, Bandar Udara Sentani |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Program Studi: | D.III Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@poltekbangjayapura.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:02 |
URI: | http://repository.poltekbangjayapura.ac.id/id/eprint/126 |