UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PADA AREA DROP ZONE UNTUK CALON PENUMPANG DISABILITAS MELALUI PENGGUNAAN TOMBOL BANTUAN DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

ERICH PRATAMA PUTRA FODJU, MBU 2024 (2024) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PADA AREA DROP ZONE UNTUK CALON PENUMPANG DISABILITAS MELALUI PENGGUNAAN TOMBOL BANTUAN DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN JAYAPURA.

Full text not available from this repository.

Abstrak

iv
ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PADA AREA DROP ZONE UNTUK
CALON PENUMPANG DISABILITAS MELALUI PENGGUNAAN TOMBOL
BANTUAN DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG
Oleh:
Erich Pratama Putra Fodju
NIT. 64242110010
Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang merupakan salah satu bandara
yang melayani berbagai jenis penumpang, termasuk penumpang dengan kebutuhan
khusus atau disabilitas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas dan
layanan yang mendukung aksesibilitas bagi penumpang disabilitas, khususnya pada
area drop zone bandara. Dalam situasi ini, Tombol Bantuan merupakan salah satu
solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan
memberikan kemudahan akses dan bantuan cepat dalam mendapatkan kursi roda
bagi penumpang disabilitas.
Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis data dengan cara deskriptif
kualitatif. Metode pengumpulan data melibatkan observasi langsung pada area drop
zone, dokumentasi mengenai prosedur pelayanan yang ada, serta wawancara
bersama petugas bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses
pelayanan bagi penumpang penyandang disabilitas yang membutuhkan kursi roda
di area drop zone khusus yang telah tersedia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan mengenai Tombol Bantuan
di area drop zone dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan penumpang
disabilitas. Tombol ini memungkinkan koordinasi yang lebih akurat antara petugas
bandara dan maskapai dalam memberikan layanan yang dibutuhkan. Selain itu,
penggunaan tombol bantuan tidak mengganggu kinerja petugas customer service,
melainkan mempermudah mereka dalam memetakan dan merespons kebutuhan
penumpang disabilitas. Sehingga dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di
area drop zone Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang, penulis
merekomendasikan optimalisasi layanan khusus bagi penumpang penyandang
disabilitas melalui pengenalan inovatif Tombol Bantuan
Kata Kunci: Drop Zone, Pelayanan, Penumpang Penyandang Disabilitas,
Kursi Roda, Tombol Bantuan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@poltekbangjayapura.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:37
Last Modified: 24 Jun 2025 00:37
URI: http://repository.poltekbangjayapura.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item